banner 728x250 banner 728x250

Memancing Ikan Salah Satu Hobi Untuk Menguji Kesabaran

filter: 0; fileterIntensity: 0.0; filterMask: 0; captureOrientation: 0; brp_mask:0; brp_del_th:null; brp_del_sen:null; delta:null; module: photo;hw-remosaic: false;touch: (-1.0, -1.0);sceneMode: 8;cct_value: 0;AI_Scene: (-1, -1);aec_lux: 0.0;aec_lux_index: 0;albedo: ;confidence: ;motionLevel: -1;weatherinfo: null;temperature: 35;

MAJENE, Media Central News.com – Memancing adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan ikan. Memancing bagi sebagian orang dilakukan hanya untuk mencari hiburan semata, membuang stres dengan menenangkan pikiran atau hanya sekedar untuk menyalurkan hobi.

Disisi lain, memancing juga merupakan sebuah profesi bagi sebagian orang yang memancing ikan sebagai salah satu tempat mecari rezeki untuk menafkahi keluarganya.

Namun, di dalam kegiatan memancing seseorang dituntut untuk tenang dan bersabar dalam menunggu pacing bisa dimakan oleh ikan yang ada didalam air itu.

Dengan memancing, seseorang bisa melatih diri untuk selalu bersikap sabar dalam menghadapi segala masalah yang mungkin saja menghampirinya.

Contohnya adalah sala satu warga Dusun Kayuranni, Desa Mammi, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Ia nampak menaiki sebuah perahu kayu (katinting) yang sudah disiapkan oleh temannya, warga dari Labuang, Kelurahan Mosso, Ma’la.

Perahu tersebut akan ia tumpangi bersama satu orang kawannya, Udin di sekitaran pesisir pantai Labuang yang biasa juga disebut “batu me’appar” Kelurahan Somba, Kec. Sendana, Kabupaten Majene.

Kedua pemancin tesebut, Junaedi dan satu orang temannya itu mengungkapkan bahwa, dengan mengisi waktu luang untuk hobi seperti memancing ikan ini sangatlah baik. Namun, perlu diingat jika menangkap ikan di laut tidak di perbolehkan menggunakan racun, seperti potaz atau bom ataupun bahan peledak yang dapat merusak biota laut, ungkapnya.

Lebih lanjut, Junaedi yang lebih dikenal di kampung halamannya dengan panggilan Edi, sejak tahun 2004 hobinya untuk memancing di laut sudah terbilang cukup lama. Mulai dari laut Makassar, Sulawesi Selatan. Kalau ada waktu libur atau waktu luang lainnya, saya selalu meluangkan waktu untuk memancing ikan dilaut bersama teman komunitas dan itu selalu pergi pagi pulang malam, terangnya.

Hasil tidak terlalu kami prioritaskan, tetapi kepuasan itu ada setelah memandangi laut lepas dan hempasan angin pun seakan datang, lalu pergi membawa perasaan stres atau beban hidup menjauh dari kita. Hal itulah yang membuat saya untuk memilih hobi pancing dilaut, tutur Junaedi.
Alhamdulillah, selama menggeluti hobi memancing ikan ini. Selain menyenangkan hati, saya juga belum pernah dikecewakan oleh hasil. Bahkan kami pernah memilah ikan di tengah laut saking melimpahnya hasil tangkapan. Ikan yang masih tergolong kecil, kami lepaskan kembali. Dan ketika kembali ke rumah, kami selalu berbagi kepada tetangga dan bahkan orang yang ada disekitar kami, tutup Edi. (**)

Laporan : Aco Haeruddin Kamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *